Pekerjaan Rumah

Dalam kitab Adabul Mufrad karya Imam Al-Bukhari , ada hadits yang bagi saya menarik yaitu No 538 – 541,  dari keempat hadits tersebut satu diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan ketiga lainnya oleh Ahmad. Dan ini sering dibahas di buku-buku tentang keseharian Nabi Muhammad ﷺ

Kurang lebih isi dari keempat hadits tersebut yaitu, ketika orang-orang menanyakan kepada ibu kita Aisyah r.a, bagaimanakah Nabi ﷺ ketika berada di rumah? maka dijawabnya: Rasulullah ﷺ itu seperti lelaki biasa pada umumnya, beliau menambal sandal, menambal pakaian, menjahit pakaian, mencuci pakaian, memerah susu kambing sendiri.

Baca hadits kayak gini tuh bikin “baper” ke Rasulullah ﷺ , cuma ngebayangin aja sekelas Rasulullah ﷺ aja masih ngerjain pekerjaannya sendiri.

Dari sependek-pendeknya pengetahuan saya, baca hadits diatas ada beberapa pelajaran yang bisa diambil buat diri sendiri:

1. Sekelas Nabi, Rasul ﷺ yang mulia, pemimpin negara dan juga sekaligus guru bagi sahabat aja masih mau ngerjain pekerjaan rumah, lantas siapa kita kalo ga mau ngerjain pekerjaan rumah

2. Ini nih menariknya, orang-orang itu menanyakannya kepada ibunda Aisyah r.a (istri Nabi ﷺ ), berarti saat itu walaupun ada istri, Rasul ﷺ tetep ngerjain sendiri, Masya Allah… Ini jadi PR banget nih buat para calon suami 😀 Rasul ﷺ yang ada istrinya aja masih nyuci pakaian sendiri, lah ini yang jombl* masih aja males-malesan nyuci pakaian #nunjukDiriSendiri :)))

3. Hadits diatas mungkin bisa juga jadi booster, kalo lagi males-malesan nyuci, selagi ada waktu dan tenaga, niatin aja buat ngikutin Rasul ﷺ , mudah-mudahan nyucinya dapet pahala, bener ga sih? 😀